Kamis, 18 Oktober 2012

AWAS!! SETIAP ORANG KRISTEN ADALAH MISIONARIS


Sebagai agama rahmatan lil ‘alamin, Islam mengajarkan umatnya untuk menjadi umat terbaik (khairu ummah) dengan ciri khas dakwah amar ma’ruf nahi munkar (menyeru kepada kebajikan dan mencegah kemungkaran) sesuai nas surat Ali Imran 110.

Kristen adalah agama misi (Latin: mittere) yang berarti perutusan (dakwah). Sebagai agama misi, Kristen mewajibkan semua umatnya untuk melakukan penginjilan (baca: pengkristenan). Pastor Adolf Heuken SJ dalam Ensiklopedi Populer tentang Gereja menegaskan bahwa penginjilan adalah tugas semua orang Kristen:

“Misi adalah perutusan (dakwah). Tugas membawa Kabar Gembira sampai ke ujung bumi ini telah diperintahkan Kristus kepada semua orang beriman: ‘Maka pergilah kamu, jadikanlah segala bangsa muridKu dan permandikanlah atas nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus’ (Mat 28:19). Maka setiap umat Kristen yang sehat akan menjalankan misi suci memperkenalkan Kristus dengan perbuatan dan perkataan. Tujuan pekerjaan misi adalah terbentuknya jemaat Kristen setempat yang dapat berdiri sendiri dan menjadi tanda kehadiran Kristus sebagai penyelamat semua manusia” (hlm 166).

…International Reformed Evangelical menegaskan bahwa penginjilan adalah kewajiban semua umat Kristen…

Sementara dalam teologi Protestan, International Reformed Evangelical menegaskan bahwa penginjilan adalah kewajiban semua umat Kristen:

“Alkitab memaparkan dengan jelas bahwa semua orang percaya adalah saksi Kristus (Kis 1:8) yang diberi Amanat Agung (Mat 28:18-20, Mark 16:15, Luk 24:47). Mereka memiliki tanggungjawab yang sama untuk menjadi saksi yang baik dan bertanggungjawab dalam mengabarkan Injil kepada dunia…. Dalam Amanat Agung, Kristus menghendaki agar semua orang percaya dibaptis. Penginjilan dilakukan untuk pertumbuhan tubuh Kristus atau Gereja. Kita harus memberitakan Injil secara verbal kepada orang lain sebagaimana yang dikatakan dalam Amanat Agung Kristus: Pergilah ke seluruh dunia, beritakanlah Injil kepada segala makhluk” (Prinsip-Prinsip Penginjilan, hlm 8-9).

Dalam kacamata Al-Qur’an, misi Kristen bertolak belakang dengan risalah Islam. Kristen justru melakukan amar munkar nahi ma’ruf (At-Taubah 67). Salah satu kemungkaran terbesarnya adalah mengajarkan doktrin Trinitas dan ketuhanan Yesus.

Padahal seumur hidupnya Yesus selalu mengajarkan tauhid (keesaan Tuhan) tidak pernah mengaku dirinya Tuhan (Al-Ma‘idah 116-117); sungguh telah kafirlah orang-orang yang meyakini Yesus sebagai Tuhan (Al-Ma‘idah 72); dan kafir pula orang yang mengimani doktrin Trinitas (An-Nisa’ 171-172).

Dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, Dr AA Yewangoe, Ketua Umum PGI (Persatuan Gereja-gereja di Indonesia) mewajibkan umat Kristen untuk berpolitik:

“Politik dapat dipahami sebagai seni memerintah untuk menjapai tujuan tertentu, dalam hal ini tujuan mendirikan negara. Di sini biasanya orang berbicara mengenai politik praktis… Pada pihak lain, politik dapat pula diartikan sebagai kemauan untuk membangun dan memelihara polis. Kalau demikian, maka orang Kristen harus terlibat dalam politik. Keterlibatan ini bukanlah sesuatu yang fakultatif, tetapi merupakan suatu panggilan” (Agama dan Kerukunan, hlm 162).

Masihkan umat Islam mau menjadikan politikus Kristen sebagai pemimpin? [A Ahmad Hizbullah MAG/Suara-Islam]

1 komentar:

  1. Hehe a Malay Muslim is ashamed of his ancestors.
    A dialogue with a Muslim.
    Q: Suro Menggolo
    +Malaya Kristian go to hell to accompany jesus, 
    -----oo-----
    +Suro Menggolo
    many of your hindu ancestors are in hell. who will save them? alloh? muhammad? how? there is no salvation in islam.
    -----oo-----
    Suro Menggolo
    +Malaya Kristian
    ask it to hindust, who will give them salvation.
    -----oo-----
    +Suro Menggolo
    so, all your hindu ancestors are in hell and alloh cannot help them accept if they repent and receive Jesus as their savior. When Jesus died he went to your ancestors to offer them the free gift of salvation. Jesus died, was buried, went to hades and rose again the third day. That way he is Lord of the living and the dead. Jesus holds the keys to hell and death. Muhammad died and cannot get out of hell. Muhammad is lord of no one. He is lonely in hell.
    -----oo---
    Suro Menggolo
    +Malaya Kristian
    what jesus did when he was died in 3 days?
    ----oo----
    +Suro Menggolo
    I told you he went to hell to offer salvation to your hindu ancestors and all who died. He opened the gates of hell so that those who repent and accepted his offer were set free from hell. Jesus died, was buried, went to hell to offer salvation to all the dead, then rose again. He is the Lord of the living and the dead. Muhammad is still in hell because he told lies about Jesus and rejected Jesus as the Son of God, savior of the world.
    ----oo----
    +Malaya Kristian
    how you can do like that? what is the sources? may you tell us? i wanna read it
    ----oo----
    +Suro Menggolo If you lack wisdom, ask Jesus. He will willing give it to you.
    http://biblehub.com/james/1-5.htm

    BalasHapus