Selasa, 11 Desember 2012

Pengakuan Mantan Misionaris Yang Masuk Islam


Drs. H. Wakhid Rosyid Lasiman, MA (Willibrordus Romanus): Apa Agama Yesus? Setelah melakukan berbagai penelitian dan diskusi yang panjang tentang kebenaran baik dengan tokoh Katolik maupun Islam, Lasiman, mantan misionaris yang juga tetangga dari Mbah Marijan, yang tinggal di dekat Gunung Merapi, Yogyakarta itu alkhirnya mengucapkan syahadat. Ia pun berusaha untuk mengembalikan mereka yang pernah dimurtadkannya.

Berikut kisahnya: Aku dulu seorang penganut Katolik. Nama kecilku Lasiman. Aku lahir dari orang tua kejawen. Namun sejak kecil dididik secara formal di sekolah Katolik di samping Gereja di Sleman Yogyakarta. Aku pun mendapat pendidikan agama Katolik. Alhasil aku menjadi penganut Katolik. Aku diberi nama baptis Willibrordus. Kemudian diberi nama baptis kader penguatan Romanus. Selanjutnya aku belajar di sekolah guru milik yayasan Katolik yang didirikan tahun 1822. Aku dididik menjadi guru misi, sehingga aktivitas yang ada selalu terkait dengan kegiatan misi Katolik seperti melatih teater untuk tampil di Natalan, Paskah, dan lainnya. Aku pun aktif di tim koor lagu-lagu Katolik, acara-acara Natal, Paskah, dalam rangka dakwah misi Katolik lainnya.

Guru-guru sekolah Katolik saat itu dapat pembinaan khusus sebagai guru misionaris. Kami dilatih dari Keuskupan Agung Semarang dan dari Gereja Pintaran di Yogya. Kami mendapat pelatihan terkait kurikulum pendidikan, dan bagaimana mengajar di sekolah-sekolah untuk mengaburkan keislaman para siswa melalui pendidikan sejarah. Kami diajarkan bahwa yang menyebarkan agama Islam di Indonesia itu bukan hanya 9 wali tapi 10 wali yang salah satunya itu Syekh Siti Jenar. Syeikh Siti Jenar itu mengenalkan istilah manunggaling kaulo gusti, menyatunya tuhan dan manusia. Diajarkan di dunia ini, bahwa yang menyatunya tuhan dan manusia yang paling hebat dan melebihi Syekh Siti Jenar adalah menyatunya Tuhan Allah dengan Yesus. Jadi diajarkan bahwaYesus itu wujudnya manusia tapi rohnya Allah.

 Tugas seorang misionaris yang paling prinsip adalah mengubah orang Indonesia yang mayoritas Muslim ini menjadi orang-orang Nasrani. Salah satunya itu melalui lembaga pendidikan. Makanya wajar meski UU Sisdiknas ini sudah diundangkan tapi nyatanya belum dipraktekkan di Yayasan Katolik dan Kristen. Hal itu bisa dibaca di buku saya berjudul Kristenisasi Berkedok Islam.

Pada 1977 setelah dilatih di Keuskupan Semarang untuk menyebarkan Katolik di Jawa Barat, aku kemudian ditempatkan di Garut. Ketika di Garut lah aku bertemu dengan Profesor Dr Anwar Musyaddad, di Pondok Pesantren Musyaddadiyah. Beliau saat itu adalah Rektor IAIN Bandung. Kami berdialog tentang kebenaran yang ada. Kebetulan beliau juga paham tentang Kristologi dan perbandingan agama. Kebiasaan dialog tentang kebenaran sebenarnya aku lakukan juga ketika aku sekolah di kemaritiman dan Sospol UGM waktu itu. Dialog merupakan salah satu cara bagaimana untuk mengkristenkan mahasiswa. Masuk Islam Dialog juga aku lakukan dengan para pimpinan Katolik. Karena banyak hal yang ingin aku pertanyakan dan butuh jawaban yang memuaskan seperti perbedaan Katolik dan Protestan, dosa warisan dan lainnya.

Ketika aku belajar Tafsir di Katolik kemudian belajar tafsir Al Kitab Kristen, banyak perbedaan di antara keduanya. Tafsir Al kitab di Katolik lebih rendah dibandingkan Protestan. Perbedaan antara Katolik dan Kristen itulah yang aku diskusikan dengan pimpinan-pimpinanku saat itu, namun itu tidak bisa terjawab. Setelah berdialog lama dengan Profesor Anwar Musyaddah akhirnya aku pun masuk Islam. Aku secara resmi mengikrarkan syahadat di Kantor Depag Yogyakarta, 15 April 1980. Aku mememukan kebenaran di Islam. Dari hasil dialog dan penelitian itu aku memperoleh kesimpulan bahwa orang yang hidup itu pasti mati, mati itu harus membawa kebenaran, kebenaran itu ada di kitab suci dan kitab yang benar itu Alquran.

Setelah masuk Islam aku kemudian belajar di sebuah pesantren di Cirebon. Aku ingin mendalami Islam lebih dalam. Aku melihat begitu banyak orang yang mengaku Islam tapi mereka tidak mendalami Islam. Itu tantangan ketika aku hidup di lingkungan Islam. Aku ingin berislam secara ilmiah Karena memang aku sudah biasa dilatih seperti itu di sekolah misi Katolik. Aku pikir kalau berislam dengan tidak ilmiah itu omong kosong. Tapi setelah aku belajar di pesantren, aku rasa itu tidak cukup. Sampai akhirnya aku kuliah mengambil sarjana muda di IAIN Cirebon. Tapi di IAIN juga tidak cukup. Akhirnya aku pikir aku harus selalu mempelajari Islam.

Aku kemudian pulang ke Yogja dan melanjutkan kuliah di S1. Selanjutnya melanjutkan belajar di psikologi Islam di UMJ dengan tesis konversi agama yang diuji beberapa professor. Dalam tesis itu dibahas bagaimana orang Islam yang haji bisa masuk Kristen dan aktivis Kristen bisa tobat. Setelah aku paham Islam, dan tahu kewajiban dalam Islam itu berdakwah maka aku pun mendakwahkan kebenaran itu ke orang-orang.

Tantangan Banyak tantangan kuhadapi setelah masuk Islam. Banyak teman-temanku yang tidak menyukai ketika tahu aku masuk Islam .. Ketidaksukaan mereka itu disampaikan baik secara lisan, fisik, sampaikan dengan hukuman. Termasuk itu datang dari keluarga. Menurutku itu sudah biasa, sebab Rasulullah juga mengalaminya. Kalau Rasulullah dulu dikatakan orang kafir Quraisy sebagai majnun (gila), maka itu juga yang aku alami. Aku juga dikatakan majnun. Aku pikir itu wajar. Itu sudah menjadi sunnatullah. Lihat saja dalam QS Al Baqarah ayat 155-156 dan 214. Jadi kalau berislam apalagi baru masuk Islam itu tidak ada tantangan, atau ketika menegakkan agama Rasulullah itu tidak ada tatangan itu justru tidak benar. Aku tetap memegang teguh kebenaran Islam. Aku yakin akan firman Allah SWT: Innamal yusri yusro. Untuk mencapai kesuksesan itu harus berani menerima tantangan dan penderitaan. Jika tak ada tantangan dan penderitaan itu maka tak akan ditemukan kebahagiaan. Setelah masuk Islam, hatiku mantap dan merasakan ketenangan. Itu karena kebenaran yang kutemukan ini adalah kebenaran ilmiah yang bisa diterima dengan hati, akal dan pikiran.

Tapi sayang, meski ajaran Islam ini benar tapi orang-orangnya banyak yang belum benar. Ketika menjadi misionaris, banyak orang-orang Muslim yang berhasil kumurtadkan. Jumlahnya ribuan orang. Saat itu kami lakukan diantaranya dengan membagi-bagikan susu, pakaian dan lainnya. Semuanya itu dilakukan tidak sendirian, tapi secara terpadu. Karena itu, setelah masuk Islam, aku ingin mengem-balikan yang murtad itu kepada Islam. Kami kemudian mendirikan lembagai Al mantik 1991 di Jakarta bersama M Natsir. Kami pun mendekla-rasikan orang-orang masuk Islam se-ASEAN.

25 komentar:

  1. bener pak muslim saat ini sangat memprihatinkan,pengalaman bapak akan kami jadikan suatu pelajaran bisa lebih memantapkan iman ini

    BalasHapus
  2. Subhanalloh..Alloh SWT membukakan pintu hidayah buat bapak..semoga menjadi teladan buat saya pak untuk lebih jauh mendalami Islam..

    BalasHapus
  3. Yth Bapa Ibu Saudara Saudari yang terkasih dalam Tuhan Yesus saya ingin membagi kesaksian saya .
    Sebagai kesaksian saya secara pribadi mengenai Kebenaran Trinitas bukan doktrin Trinitas saya tulis diwebsite, silahkan lebih detail di download di website paling atas ketik: kebenaran-trinitas.com
    Disini saya mencoba secara garis besar menerangkan Trinitas dan saya berdoa supaya Roh Kudus menerangi Bapak Ibu dalam membaca buku mengenai kebenaran akan Trinitas bukan doktrin Trinitas karena semuanya ada ditulis dalam Alkitab, Tuhan Yesus menerangi dan memberkati para pembaca
    Hormat Saya

    Ir. Johanes Sudarsiman

    Penjelasan mengenai Trinitas secara singkat yaitu kesatuan antara BAPA (Tuhan YAHWEH), Putra (Yesus) dan Roh Kudus, Kalau kita berbicara mengenai Tuhan tidak lepas dari pengertian kuasa yang dimiliki, kalau Tuhan tidak punya kuasa tidak perlu dibicarakan.
    Wujud Tuhan YAHWEH (dalam Alkitab ditulis TUHAN) adalah Roh (bisa di baca dalam P. Lama: Kejadian: 1:2-5), yang menciptakan dunia beserta isinya adalah Roh Tuhan YAHWEH, tanda ketuhanan adalah adanya kuasa dan mujizat yang bisa dilihat oleh ciptaannya.
    Sedangkan manusia terdiri dari tubuh (daging), jiwa (rasa sedih, senang dll) dan roh, karena manusia mempunyai roh maka manusia bisa berfikir dan berbudaya, sedangkan binatang tidak mempunyai roh, inilah yang membedakan manusia bisa berfikir dan berbudaya sedangkan binatang tidak bisa berfikir dan berbudaya (Ayub 32:8, Yakobus 2:26, Yohanes 6:63-65, Daniel 5:12, Yesaya 11:2, 1 Tarawikh 22:12).
    Tuhan Yesus adalah Roh Tuhan YAHWEH (BAPA) yang dimasukan kedalam kandungan perawan Maria dalam bentuk Roh Kudus (Matius1:18), karena kesamaan Roh Yesus yang berasal dari Roh BAPA maka Yesus 100% Tuhan, sebab Roh yang mempunyai kuasa mujizat, kesembuhan, kebangkitan, pengampunan dosa dan masuk kerajaan sorga, jadi Yesus adalah Tuhan pertama karena kesamaan Roh Yesus dan Bapa, kedua karena Rohnya sama dengan BAPA maka otomatis mempunyai kuasa yang sama(Matius 28:18) , hanya kuasa tentang hari kiamat terjadi tidak diberikan Tuhan Yesus yang tahu hanya BAPA (P. Baru: Matius: 24:34-36), dan Tuhan Yesus 100% manusia karena mempunyai tubuh yang sama dengan manusia yang bisa merasakan lapar, sedih dll (P. Baru: Matius: 4:1-4).
    Kuasa sampai kepada BAPA, tidak ada seorangpun bisa sampai kepada BAPA tanpa melewati Yesus (Yohanes 14:6; Yohanes 10:25-30; Yohanes 14:9-10 ), berdasarkan kuasa ini merupakan suatu bukti kebenaran akan Trinitas, karena sampai ke BAPA harus melewati Yesus, maka kuasa Yesus sama dengan kuasa BAPA, dengan demikian Yesus dan BAPA adalah satu.
    Akhir kata penulis menyampaikan: siapa yang mengetuk, pintu akan dibukakan, siapa yang mencari kebenaran dia akan mendapatkan dan siapa yang mendapatkan dia harus bersaksi tentang kebenaran.
    Yang terhormat Bapak-Bapak silahkan mendownload di website paling atas ketik: kebenaran-trinitas.com
    atau silakan dibuka lampiran dibawah ini

    best regard
    Johanes Sudarsiman

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sdr Johanis bs anda carikan ayatnya yg menytaka Yesus itu Tuhan dann bagaiaman ajaran Isa yg sebenarnya menurut Kitab Injil yg Anda ini

      Hapus
    2. Injil tidak mengatakan bahwa Yesus itu Tuhan.
      Tapi dengan iman kami itulah yg akan menyerukan Yesus adalah Tuhan. Sebab Isa akan datang kepada anda Untuk menghakimi mu saudara. Bertobatlah dan percaya kepada injil . Sebab Yesus Tuhan sudah hampir datang.

      Hapus
    3. Injil tidak mengatakan bahwa Yesus itu Tuhan.
      Tapi dengan iman kami itulah yg akan menyerukan Yesus adalah Tuhan. Sebab Isa akan datang kepada anda Untuk menghakimi mu saudara. Bertobatlah dan percaya kepada injil . Sebab Yesus Tuhan sudah hampir datang.

      Hapus
    4. Ooo.. gitu jd org kristen blg yesus itu tuhan brdsrkan keimanan semata2 bkn brdasarkan dalil2 ug adq di alkitab kalian yg kalian klaim sbg firman tuhan. Berarrti kristen itu hanya menekankan dogma saja. Kl ga ngakuin yesus itu tuhan ga selamat alias msuk neraka bgitu toh?

      Hapus
    5. Ooo.. gitu jd org kristen blg yesus itu tuhan brdsrkan keimanan semata2 bkn brdasarkan dalil2 ug adq di alkitab kalian yg kalian klaim sbg firman tuhan. Berarrti kristen itu hanya menekankan dogma saja. Kl ga ngakuin yesus itu tuhan ga selamat alias msuk neraka bgitu toh?

      Hapus
  4. Roh kudus apaan sih?? Kalo soto kudus ane tau..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Plus Soto Surabaya, Soto Madura, Soto Sokaraja Banyumas, Atau kota Kudus Jawa Tengah
      Hehehehe

      Hapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. Johanes Sudarsiman,
    Tuhan Yesus adalah Roh Tuhan YAHWEH (BAPA) yang dimasukan kedalam kandungan perawan Maria dalam bentuk Roh Kudus (Matius1:18), karena kesamaan Roh Yesus yang berasal dari Roh BAPA maka Yesus 100% Tuhan, sebab Roh yang mempunyai kuasa mujizat, kesembuhan, kebangkitan, pengampunan dosa dan masuk kerajaan sorga, jadi Yesus adalah Tuhan pertama karena kesamaan Roh Yesus dan Bapa.

    saya ingin bertanya kepada Bapak... Mengapa Nabi Isa as. ( dalam sebutan bapak : Yesus ) Dia berdoa : " Bapa kami yang ada disurga, dikuduskanlah namaMu, datanglah kerajaan, jadilah kehendakMu diatas bumi maupun didalam syurga...."
    Jika Nabi Isa as adalah Tuhan, lalu kepada siapa berdo'a ?.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pak Azis
      Yang dimaksud mungkin Ber-Doa ke BAPAKNYA
      Hahahaha
      Udahlah pak nggak usah disanggah nanti malah mereka.....
      Salam

      Hapus
  7. Abd Azis,
    itu bukan Tuhan Yesus yg berdoa kpd Bapak sorgawi, tp Ia mengajar kpd muridnya(orang kristen ) cara berdoa yg benar

    BalasHapus
  8. Yesus atau nabi Isa adalah utusan Allah swt

    BalasHapus
  9. Carilah kebenaran menurut hati nurani jangan karna ego dan kepintaran, tidak ada agama yang mengajarkan benci dan dengki.maka begitu indah dunia ini yang telah di berikan kuasa kepada manusia. Jangan biarkan iblis menguasai dirimu. Amin.

    BalasHapus
  10. Yahweh = Allah
    Roh kudus/ruhul kudus = malaikat jibril penyampai firman Allah kpd orang yang diutus/nabi
    Anak Allah= para nabi

    BalasHapus
  11. TRINITAS (PASIR-SEMEN-BATU)=JADI BETON

    BalasHapus
  12. KRISTEN= AGAMA YG TIDAK MASUK AKAL.,,(KONYOL)

    CUMA YAKIN KPADA YESUS AJA SUDAH DI JAMIN MASUK SURGA.

    GMNA KALO MALING,BEGAL,PEMBUNUH,DIA MASIH BERAKSI .,..TAPI DIA PERCYA YESUS.,.,MASUK SURGA GAK.,.

    PERCUMA BERBUAT BAIK,,DAN BERAMAL.,BERIBADAH.,.,KALO HASIL AKHIRNYA SAMA AMA BEGAL N MALING.,.,SAMA2 MASUK SURGA (KARENA SAMA2 PERCAYA YESUS)

    BalasHapus
  13. TRINITAS (PASIR-SEMEN-BATU)=JADI BETON

    BalasHapus
  14. Trinitas dogma bikin sakit kepala..bodrex

    BalasHapus
  15. Pada bego loe semua. Coba loe secara sederhana saja. Masak tuhan kayak iklan sampoo. Dan juga pahami antara kitab islam dan keristen ada lima titik pertemuan. Dalam alquran dan injil Allah itu esa. Mengapa bisa jadi 3? Terus yesus adah roh kudus roh Allah yang masuk kedalam tubuh yesus. Kok bisa tuhan masuk keciptaannya sendiri apalagi menyerupainya manusia.
    2. Dalam alquran dan injil dilarang makan babi. Kok orang kristen katolik protestan makan babi. Dan juga yang paling parah kitab injil bisa berubah rubah. Yang merubah yesus pa hantu?
    3. Alquran dan injil. Orang itu disunnat. Yang melakukan sunnat hanya orang islam keseluruhan kristen hanya sebagian kecil.
    4. Coba anda baca keseluruhan kitab anda. Anda pahami tentang trinitas. Pasti anda akan mengalami kebingungan. Saya rekomendasikan kepada antum kristen pidato ust felix siuw. Biar apa yang anda banggakan jadi jelas. Benar apa salah. Antum keristen alquran kitab kebenaran yang diturunkan 1400 tahun yang lalu tanpa menfalami perubahan satu titikpun. Seandainya alquran sudah berubah satu titik saja, sudah tidak pantas dikatakan kitab suci. Bandingkan dengan injil antara kitab injil inggris dan kitab injil indonesia sudah beda jauh. Bahkan sama sama indonesia dari tahun ketahun sudah banyak penambahan. Mohon sebelum menghina islam. Atau memurtadkan orang islam. Baca dulu kitab anda. Dari tahun 45 sampai 2017 versi indonesia saja. Nggak usah keinggris atau ke amerika versi indonesia saja. INSYAALLAH antum sekalian akan kaget luar biasa.

    BalasHapus
  16. Kalau memang yesus itu tuhan kenapa ibunya lebih dulu ada di banding yesus sendiri, jadi yg memmberi kehidupan ibunya yesus sebelum yesus ada siapa? Karna yesus sendiri atau tuhan menurut kalian ummat kristen belum di lahirkan jadi kalau gitu haruanya ummat kristen itu lehih mwnuhankan ibunya yesus krn ibunya yesus lebih dulu ada di banding yesus itu sendiri krn belum di lahirkan.......

    BalasHapus